Selasa, 18 Januari 2011

ARYA PRANATA HARDI (224308068)


PROPOSAL
SKRIPSI


A. Latar Belakang Masalah

     Sebagai negara nusantara, atau banyak juga diantara kita yang menyebut
sebagai Negara Maritim, angkutan laut merupakan tulang punggung sistem
transportasi bagi seluruh negara nusantara dan pelabuhan memegang peranan
strategis. Salah satu fungsi pelabuhan yaitu sebagai mata rantai transportasi atau
titik temu moda transportasi sebenarnya diperankan oleh terminal. Terminal
adalah unsur utama dan merupakan bagian dari pelabuhan untuk melayani kapal
dan melaksanakan kegiatan bongkar muat barang ataupun penumpang.
Sebagai sebuah Perusahaan Pelayaran PT. Jaya Kusuma Perdana Lines yang
bergerak dibidang pelayaran peti kemas domestic dan diperkenankan untuk
bongkar muat dan menumpuk petikemas yang dibongkar atau yang akan dimuat
ke kapal. PT. Jaya Kusuma Perdana Lines merupakan suatu unit usaha yang
memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan dan kelancaran arus perdagangan dari
dalam negeri melalui pelayanan bongkar muat petikemas di pelabuhan Tanjung
Priok.

     Waktu yang dihabiskan kapal selama berada di pelabuhan akan sangat
berpengaruh terhadap efisiensi pengoperasian kapal tersebut. Semakin lama kapal
berada di pelabuhan, maka pengoperasian kapal tersebut semakin tidak efisien
karena biaya yang dikeluarkan akan semakin tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh
produktivitas bongkar muat petikemas yang dihasilkan tidak selamanya akan mengalami peningkatan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Produktivitas
bongkar muat petikemas tersebut mengalami peningkatan atau bahkan penurunan
yaitu antara lain, kinerja dari sumber daya manusia dan peralatan-peralatan
bongkar muat yang mendukung kegiatan bongkar muat petikemas tersebut.
Dalam meningkatkan pelayanan yang baik maka perusahaan dituntut untuk dapat
mencapai produktivitas yang tinggi untuk memenuhi standar seperti ditetapkan
perusahaan, maka perlu dilakukan sebuah evaluasi mengenai perusahaan tiap
kurun waktu tertentu untuk menetapkan standar yang baru dan lebih baik bagi
perusahaan.

     Berdasarkan uraian di atas maka penulisan terdorong untuk mengkaji lebih
dalam dan menuangkannya dalam bentuk skripsi atau karya ilmiah dengan judul
“ANALISIS TINGKAT EFEKTIFITAS PETI KEMAS DI PERMAI I
PADA KAPAL MILIK PT. JAYA KUSUMA PERDANA LINES DI
PERMAI 1 VOYAGE 1001-002n TANJUNG PRIOK”





B. Perumusan Masalah

1.  Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang masalah penulis
     mengidentifikasikan masalah sebagai berikut:

    a. Efektifitas bongkar muat petikemas berfluktuasi.
    b. Realisasi bongkar muat petikemas yang kadang tidak sesuai dengan
        standar yang ditetapkan oleh perusahaan.
    c. Hambatan yang mempengaruhi kinerja operasional kegiatan bongkar
        muat petikemas.

2.  Pembatasan Masalah

     Agar tidak meluasnya permasalahan yang terkait dengan identifikasi
     masalah di atas maka, penulisan skripsi ini hanya pada masalah bagaimana
     perbandingan tingkat produktivitas bongkar muat petikemas pada PT. Jaya
     Kusuma Perdana Lines.

3.  Pokok Masalah

     a. Berapa target bongkar muat petikemas pada PT. Jaya Kusuma
         Perdana Lines ?
     b. Berapa realisasi bongkar muat petikemas ?
     c. Apa saja upaya yang dilakukan PT. Jaya Kusuma Perdana Lines untuk
         mencapai target?


C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.  Tujuan Penelitian

    a. Untuk mengetahui produktivitas bongkar muat petikemas PT. Jaya
        Kusuma Perdana Lines mengacu pada standar yang ditetapkan oleh
        perusahaan.
    b. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan PT. Jaya Kusuma Perdana
        Lines dalam mencapai target produktivitas bongkar muat petikemas
        sesuai dengan target perusahaan.
    c. Untuk mengetahui upaya yang sudah dilakukan oleh PT. Jaya
        Kusuma Perdana Lines dalam mencapai target2.
        Manfaat Penelitian:
           a. Bagi penulis
               Salah satu sarana untuk mengaplikasikan teori-teori yang diterima selama
               perkuliahan khususnya penaggulangan bongkar muat petikemas.
           b. Bagi Lembaga Pendidikan (STMT Trisakti)
               Sebagai tambahan ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai bahan
               bacaan dan sebagai data dokumentasi di perpustakaan STMT Trisakti.
            c. Bagi PT. Jaya Kusuma Perdana Lines.
               Sebagai bahan masukan dan pertimbangan yang mungkin bermanfaat
               bagi perusahaan agar dapat meningkatkan lagi produktivitasnya.


D. Metodologi Penelitian

     Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode evaluasi deskriptif kualitatif
sebagai hasil dari suatu penyelidikan dan peninjauan yang berakhir pada
penulisan atau analisis. Menurut Supardi (2005 : 26) Metode evaluasi adalah
penelitian yang dilakukan untuk merumuskan hasil-hasil pelaksanaan kegiatan
yang dilakukan agar diperoleh umpan balik bagi upaya perbaikan, perencanaan,
system dan metode-metode kerja yang telah dilakukan. Sedangkan deskriptif
kuantitatif yaitu penulisan dalam bentuk uraian dan juga penulisan data yang
menggunakan angka-angka.

    Agar penyusunan skripsi ini dapat dipertanggung jawabkan penyusunannya,
maka untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlikan penulis melakukan
penelitian dengan menggunakan metode penelitian sebagai berikut:

1.  Jenis Data:

   a. Data Primer
       Data Primer adalah data yang diperoleh dengan melakukan wawancara
       langsung pada karyawan dan dokumentasi PT.Jaya Kusuma Perdana
       Lines.
   b. Data Sekunder
       Data Sekunder adalah data yang diperoleh dari divisi opersional dan
       dokumentasi PT. Jaya Kusuma Perdana Lines berupa data bulanan dan
       dokumen yang berisikan kinerja pelayanan kapal tentang kinerja bongkar
       muat petikemas, serta bentuk-bentuk data pendukung lainnya.

2.   Metode Pengumpulan Data

      Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua jenis data yang digunakan
      diantaranya:
     a. Penelitian Lapangan (field research), yaitu data primer diperoleh
         langsung dari langsung dari perusahaan sebagai obyek penelitian dengan
         cara interview dan Tanya jawab.
            
1)       Wawancara (Interview) yaitu, usaha untuk memperoleh data
                     dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden dalam
                     hal ini adalah karyawan yang terlibat langsung dalam kinerja operasional
                     pelayanan bongkar muat petikemas di terminal????.
2)       Observasi yaitu, pengamatan secara langsung terutama
                     pengamatan tentang proses bongkar muat petikemas di terminal????.
   b. Penelitian Kepustakaan (library research), yaitu memperoleh data-
      data melalui studi kepustakaan yaitu berupa jurnal, buku acuan dan media
      cetak lainnya yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.

3.   Teknik Analisis Data

     Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisishor iz ontal dan
     trend. Dalam hal ini membandingkan produktivitas bongkar muat petikemas
     pada PT. Jaya Kusuma Perdana Lines.


E. Sistematika Penulisan

    Sistematika penulisan skripsi dibuat untuk mempermudah pembaca
memahami isi skripsi secara keseluruhan. Skripsi disiapkan dalam 5 (lima) bab
dengan sistematika sebagai berikut:

BAB I  :  PENDAHULUAN
    Menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang
meliputi identifikasi masalah, pembatasan masalah, dan pokok
masalah tujuan dan manfaat penelitian metodologi penelitian serta
sistematika penulisan.

BAB II :  LANDASAN TEORI
    Dalam bab ini menjelaskan landasan teori dari para ahli yang
menjadi dasar pemikiran dan berkaitan dengan masalah yang akan
dibahas dalam skripsi ini. Teori yang digunakan yaitu pengertian
petikemas, pengertian bongkar muat, pengertian standar efektivitas bongkar muat, konsep Box Crane Hour (BCH), analisis horizontal, dan analisistr end.

BAB III : GAMBARAN UMUM PT. MULTI TERMINAL INDONESIA
    Menggambarkan secara singkat sejarah perusahaan, organisasi dan
manajemen, kegiatan usaha serta fasilitas dan peralatan yang
dimiliki PT. Jaya Kusuma Perdana Lines.

BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN
    Bab ini menganalisis tentang permasalahan yang diungkapkan
dalam perumusan masalah yaitu, analisis tingkat efektivitas peti
kemas pada kapal milik PT. Jaya Kusuma Perdana Lines di permai 1
voyage 1001-002n pelabuhan bongkar muat Tanjung Priok.

BAB V  : PENUTUP
Pada bab terakhir ini penulis menarik kesimpulan dari hasil
pembahasan pada bab IV dan saran serta memberikan jalan keluar
yang penulis anggap baik.

1 komentar:

  1. mantap ...

    gan bisa share sejarah dari pt jayakusuma perdana lines ??

    lagi butuh untuk tugas akhir perkuliahan ne ...

    makasih sebelumnya ....

    BalasHapus