Rabu, 12 Januari 2011

tugas seminar (proposal skripsi) pa Osman!!! Nyokro Kusumandito (224308075)


BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi dan perdagangan bebas, peluang bagi pelaku bisnis dan perdagangan untuk mengembangkan pasar yang kian terbuka. Sehubungan dengan itu setiap Negara patut memiliki prasarana dan yang berstandar internasional. Salah satunya adalah pelabuhan yang berfungsi sebagai pintu gerbang perekonomian. Sebab pelabuhan merupakan bagian dari mata rantai perdagangan lewat laut( sea borne trade).
Sebab itu pelabuhan mendapatkan sorotan tajam , dengan keberadaan pelabuhan semarang khususnya pada terminal petikemas semarang sebagai unit pelayaran bongkar muat petikemas yang terletak pada posisi sentral di pulao jawa yang merupakan zona distribusi strategi di kaawasan asia tenggara dan sekitarnya. Sebagai organisasi pelayana distribusi barang, Terminal Petikemas Semarang memegang peranan penting untuk mendorong perekonomian regional dan nasional, dengan meningkatkan laju perdagangan pulau jawa dengan pulau-pulau lainnya di indonesai. Di Indonesia maupun mancanegara.
Sehingga Terminal peti kemas semarang di tuntut untuk memberikan pelayanaan bongkar muat petikemas yang profesianal dan tepat waktu dan menjadikan terminal petikemas semarang untuk lebih efisien terhadap penanganan pelayanaan, terlatih dengan menerapkan pelayanaan prima dan dengan tariff yang kompetitif maka akan sangat diminati oleh pelaku ekspor dan impor. Dengan aspek pelayanna  yang menjadi prioritas, terminal petikemas semarang sangat siap terhadap persaingan dan kompetisi dengan mengusung spirit “memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan sepenuh hati dan dengan kebersamaan meningkatkan pelyanan PRIMA,yaitu Professional,Responsive,Modern,dan Akuntable”.
Guna meningkatkan kinerja operasional,Terminal Petikemas Semarang berupaya untuk mengoptimalkan pelayanan kepada para penguna jasa.Dengan meningkatkan mutu pelayanan yang prima,serta mendukung kelancaran dan efisiensi operasional.
Hal-hal tersebut membuat penulis ingin meneliti bahwa pendapatan pada sebuah terminal petikemas bukan saja dari proses bongkar muat dan segala sesuatunya mengenai itu,tetapi melainkan ada hal yang dapat memberikan kontribusi keuntungan yang mungkin hamper tidak terlihat namun dapat dirasakan dampaknya bagi perusahaan,yaitu dengan menjalin kemitraan pada pelanggan serta memberikan pelyanan yang terbaik sesuai pada kepentingan dan harapan para pengguna jasa guna menciptakan kepuasan pelanggan untuk mencapai loyalitas pelanggan.
Oleh karena itu,maka penulis tertarik untuk menuangkannya dalam skripsi yang berjudul: “ANALISIS PENINGKATAN KINERJA OPERASIONAL PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI PT.PELABUHAN INDONESIA III TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG PERIODE TAHUN 2009”.








B.   Perumusan Masalah
1.      Identifikasi masalah
Tantangan makin kompetitifnya persaingan bisnis dan kondisi lingkungan bisnis yang turbulen dan tidak dapat diprediksi, menurut perusahaan untuk memiliki kinerja dan produktivitas tinggi. Dengan meningkatkan kredibilitas yang menjamin kelangsungan hidup perusahaan melalui kompetensi khusus yang di miliki perusahaan. Selain itu, perusahaan perlu menetapkan strategi pelayanan yang tepat melalui penciptaan kepuasaan pelanggan untuk mencapai loyalitas pelanggan baik melalui penciptaan bagi pelanggan maupun pemberian pelayanaan yang cepat dan tepat. Untuk mencapai pelayaan dan unggul, perlu memperhatikan identifikasi masalah :
ü  Kesiapan penyedia jasa terminal petikemas masih terbatas pada pelyanan atas kebutuhan pelanggan bukan karena terciptanya suatu kepuasaan pelanggan.
ü  Tingkat kepercayaan pelnggan masih cukup rendah terhadap penyedia pelayanan jasa
ü  Masih perlunya dukungan infrastruktur yang memadai guna menunjang kelancaran dan efisiensi oprasional.
ü  Dalam pelaksanaan pelayanan yang dilakukan perusahaan belum optimal sepenuhnya






2.      Batasan Masalah.
Berdasarkan identifikasi maslah tersebut, maka penulis perlu malakukan batasan pada masalah strategi perusahaan terhadap pelayanaan yang tepat berdasarkan kualitas pelayaan yang prima guna menciptakan kepuasaan pelanggan untuk mencapai loyalitas pelanggan pada terminal petikemas semarang
3.      Pokok Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah maka bmaka pokok masalah yang akan di bahas dapat di rumuskan sebagai berikut :
ü  Bagaimana kinerja kualitas pelayaan berdasarkan tingkat kepuasaan pelanggan terhadap terminal petikemas semarang
ü  Bagaimana tingkat kepentingan pelanggan berdasarkan pada pelaksanaan primadi terminal petikemas semarang ?
ü  Bagaimana tingkat kesesuaiaan antara kinerja operasional dengan kualitas pelayanaan terhadap kepentingan pelanggan guna mencapai hasil kepentingan pelanggan ?

C.   Tujuan dan manfaat penelitian
1.      Tujuan penelitian
a.       Untuk mengetahui  dan menganalisis kinerja oprasional yang mengacau pada standar operasi perusahaan (SOP) di PT. Pelabuhan Indonesia III Terminal Petikemas semarang.
b.      Untuk mengetahui dan menganalisis kinerja operasional perusahaan terhadap kualitas pelayanan berdasarkan pada tingkat kepentingan pelanggan.
c.       Untuk mengetahui dan menganalisis strategi pelayanan yang tepat guna menciptakan kepuasaan pelanggan untuk mencapai loyalitas pelanggan.
2.      Manfaat penulisaan.
a.       Bagi penulis
Dapat lebih meningkatkan pemahamaan mengenai keterkaitan antara penerapan teori yang dapat selama masa perkuliahaan dengan praktek kerja lapangan.
b.      Bagi pembaca
1.      Dapat menambah pengetahuan dan wawasan terhadap upaya perusahaan dalam menetapkan pelayanan yang tepat melalui penciptaan kepuasaan pelanggan untuk mencapai loyalitas pelanggan berdasarkan pada tingkat kesesuaian antarakinerja terhadap kualitas pelayanaan di Terminal Petikemas Semarang.
2.      Dapat memperoleh informasi dan pengetahuan guna dijadikan sebagai bahan acuan penelitian berikutnya sehingga dapat menyajikan hasil penelitian yang lebih baik dan lebih akurat.
c.       Bagi lembaga (STMT)
Dapat menambah perbendaharaan buku di perpustakaan STMT Trisakti dan dapat digunakan sebagai tambahan literatur dalam proses belajar mengajar serta dapat di gunakan untuk pengembangan lebih lanjut guna meningkatkan kualitas pendidikan.
d.      Bagi perusahaan
Dapat digunkan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pelayanaan jasa petikemas.




D.   Metodelogi penelitian
1.Metodelogi Pengumpulan Data
a.       Riset Keperpustakaan ( liberary research)
Dalam riset keperpustakaan ini penulis mempelajari literature-literature, buku acuan dan media cetak lainnya yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
b.      Riset Lapangan (Field research)
Dalam riset ini penulis mengadakan peninjauan langsung dari objek penelitian atau perusahaan yang di teliti. Dalam memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu :
1.Pengamataan secara langsung (Observasi)
Teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian secara langsung ke objek penelitian.
2.Daftar pertanyaan (questionnaire)
Penilis membuat daftar pertanyaan yang berhubungan dengan masalah skirpsi yang berkaitan dengan tingkat kepentingan pelayanaan dan kualitas pelayaan dan membagikann kepada pelanggan/mitra kerja Terminal Petikemas Semarang.
2.      Populasi dan sampling
a.          Populasi adalah sekumpulan objek yang akan dijadikan sebagai bahan penelitian dengan cirri mempunyai karakteristik yang sama. Yang menjadi populasi penelitian adalah pengguna jasa Terminal Petikemas Sematang.



b.         Sampling
Menurut Sugiono (2008:116) sampel adalah bagaian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Proses pengambilan sempel dalam penelitian ini menggunakan tektik aksidential. Menurut Supriyanto (2009:125) sampling aksendatintal sebagai teknik penentuan sampel yang terajdi secara kebetulan/berdasarkan factor spontanitas artinya siapa saja yang tidak sengaja bertemu dengan penelitian dan sesuai dengan cirri-ciri yang di kehendaki.
3.      Teknis analisis data
Analisis data
Dalam menganalisis data penelitian ini diduga metode deskriptif kualitatif-kuantitatif. Dimana teknik pengolahan hasil kuesoner digunakan teknik distribusi frekuensi dengan menggunaka aplikasi SPSS  berdasarkan pada buku Eti Rochaety (2007). Hal tersebut disesuaikan untuk mengetahui keadaan umum yang secara langsung disampaikan oleh responden, serta penggunaan nilai rata-rata untuk mengetahui seberapa besr nilai rata-rata dari masing-masing indicator penelitian. Setelah itu nilai total frekuensi untuk pelaksanaan dan nilai frekuensin untuk kepentingan dilakukan perbandingan sehingga di dapat nilai GAP, yang merupakan kondisi pelayanaan yang dirasakan pelanggan.
Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunaka diagram kartesius, yang dapat mengetahui tingkat pelaksanaan pelayanan dan tingkat kepentingan pelayanan berdasarkan responden pelanggan/mitra kerja perusahaan. Diagram  kartesius dapat digambarkan pada gambar 1.1 sebagai berikut :


Gambar 1.1 Diagram Kartesius

Kepentingan
        Y
                      Prioritas Utama                      Pertahankan Prestasi
                               A                                                 B
                      Prioritas Rendah                          Berlebihan
                              C                                                   D


 

                                                                       Kinerja berlebihan     X
Keterangan :
a.       Menunjukkan factor atau atribut yang di anggap mempengaruhi keputusan pelanggan, termasuk unsure-unsur yang jasa dianggap sangat penting, namun manajemen belum melaksanaakannya sesuai keinginan pelanggan.
b.      Menunjukkan unsure jasa pokok yang telah berhasil dilaksanakan perusahaan, untuk itu wajib dipertahankan. Dianggap sangat penting dan sangat memuaskan.
c.       Menunjukkan beberapa factor yang kurang penting pengaruhnya bagi pelanggan, pelaksanaannya oleh perusahaan biasa-biasa saja. Dianggap kurang penting tetapi sangat memuskan.
d.      Menunjukkan factor yang mempengaruhi pelanggan kurang penting, akan tetapi pelaksanaannya berlebih. Dianggap kurang penting tetapi sangat memuaskan.



E.   Sistematis Penulisan
Sistematis penulisan skripsi dibuat untuk mempermudah pembaca memahami ini skripsi secara keseluruhan. Skripsi disiapkan dalam 5 (lima) bab dengan sistematis sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi identifikasi malasalah, pembahasan masalah, dan pokok masalah dan manfaat penelitian metodelogi serta sistematika penulisa.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini menjalankan landasan teori dari para ahli yang menjadikan dasar pemikiran dan berkaitan dengan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini. Teori yang berkenaan dengan teori-teori pelayanan meliputi teori kepentingan pelayanan prima, dan kinerja perusahaan serta teori-teori yang mendukung penelitian. Pada bab ini penulis juga membuat kerangka pemikiran.
BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Pada bab ini menggambarkan secara singkat sejarah perusahaan, organisasi dan manajemen, kegiatan usaha serta fasilitas dan peralatan yang dimiliki Terminal Petikemas Semarang.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis melakukan proses analisis dengan menggunakan penelitian atau pernyataan responden terhadap variable-variabel penelitian serta membahas hasil dengan menggunakan analisis diagram kartesius.



BAB V PENUTUP
Pada bab ini penulis akan memberikan kesimpulan berkaitan dengan permasalahan yang ada, analisa pemecahan masalah dari hasil penelitian sekaligus saran-saran mengenai penelitian.





















TUGAS MANDIRI
SEMINAR
I
S
U
S
U
N

OLEH
NYOKRO KUSUMANDITO
224308075
S1 ZL 08


http://tbn0.google.com/images?q=tbn:fyUZz31rBUgfyM:http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b8/Logo-universitas-trisakti.png
                                                                                     

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI JAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2008 / 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar