Senin, 03 Januari 2011

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN
“ TRANSPOR TRISAKTI ”
J A K A R T A

SEMINAR
PROPOSAL “ PERENCANAAN, PERANCANGAN,PEMBANGUNAN PELABUHAN PADA PT PELABUHAN INDONESIA”


NAMA : ERLIN SEPTIA
NIM : 224308082
JURUSAN : S1.ZL.08



KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkam puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan hidayahnya sehingga penyusun berhasil menyusun tugas Mandiri yaitu proposal dibidangPERENCANAAN, PERANCANGAN dan PEMBANGUNAN PELABUHAN yang merupakan salah satu syarat untuk mengikuti UAS.
Mengingat penyusunan tugas mengenai perencanaan, perancangan dan pembangunan pelabuhan merupakan hal yang baru bagi penyusun, maka dalam penulisan ini masih banyak kekurangan serta kesalahan, baik dalam penyusunan maupun dalam isinya, yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Oleh karena itu saran dan kritik dari pembaca dengan senang hati penyusun terima.
Penyusun ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas mandiri ini, antara lain :
1. Bapak Husni Hasan AMTru.S.Sos.MM
2. Bapak Drs. Osman Arofat, MM
3. Dan Rekan-rekan
Serta pihak-pihak lain yang telah memberikan bantuan secara moril dan spiritual atas terselesainya makalah ini, antara lain :
1. Kedua Orang tuaku
2. Almamaterku
3. Para sahabat
Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi penyusun yang masih dalam tahap pembelajaran.
Jakarta, Oktober 2010 Penyusun
                                                                                      ii

DAFTAR ISI

Cover…………………………………………………………………………………………. i
Kata Pengantar………………………………………………………………………………... ii
Daftar Isi……………………………………………………………………………………… iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Balakang……………………………………………………………………………. .1
B. Perumusan Masalah…………………………………………………………………….. .....3
1. Identifikasi Masalah.................................................................................................................3
2. Pembatasan Masalah...............................................................................................................3
3. Pokok Masalah.......................................................................................................................3
C. Tujuan Dan Manfaat…………………………………………………………………….......4
1. Tujuan................................................................................................................................... 4
2. Mamfaat.................................................................................................................................4
D. Metodelogi Penelitian.............................................................................................................5
1. Metode pengumpulan data....................................…………………………..........................5
2. Metode Analisis data……………………...............................…………………...................6
E. Sistematika penulisan..............................................................................................................6
Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………8


                                                                                         iii

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

            Ribuan tahun yang lalu pelabuhan-pelabuhan di bangun terletak di sungai-sungai pi dan perairan pedalaman yang kemudian berkembang secara bertahap ditepi laut terbuka seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Peran dan fungsi pelabuhan hanya tempat aktivitas perdagangan, sehingga fasilitas dan pengelolaannya belum merupakan kelembagaan yang dikelola secara terstruktur dan terencana seperti pelabuhan dewasa ini.
            Perkembangan pelabuhan dewasa ini ditandai dengan perkembangan teknologi kemasan barang dan peralatannya disamping teknologi saran angkutan laut yang cenderung meningkat, yang semuanya mempengaruhi pola investasi dan sistem pengelolaannya.
            Disamping itu pertumbuhan pola-pola peran serta pihak swasta ( privatisasi, corporasi, komersialisasi dan liberalisasi ) dalam pembangunan/ penyelenggaraan prasarana dan sarana pelabuhan yang mempengaruhi pola pengelolaan pembangunan dan investasi dipelabuhan.


                                                                                   1

          Perkembangan itu semua mendorong dan menuntut peran dan fungsi pelabuhan yang semakin kompleks dibandingkan sebelumnya, yang mempengaruhi pola perencanaan dan perancangannya.Teknologi informasi yang pesat khususnya komputerisasi, turut mewarnai perubahan pada pola perencanaan dan perancangan pelabuhan serta pengoperasian pelabuhan.


                                                                             2


B. Perumusan Masalah

1. Identifikasi Masalah
           Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat dilakukan identifikasi masalah untuk mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi oleh pembangunan pelabuhan sebagai berikut :
a. Perencanaan pelabuhan pada PT PELABUHAN INDONESIA
b. Perancangan fasilitas dan peralatan pada PT PELABUHAN INDONESIA
c. Pemeliharaan fasilitas dan peralatan pada PT PELABUHAN INDONESIA

2. Pembatasan Masalah
               Berdasarkan identifikasi masalah penulis membatasi permasalahan untuk penyusunan proposal ini pada pembangunan pelabuhan yang dikeluarkan PT PELABUHAN INDONESIA.

3. Pokok Masalah
a. Bagaimana perencanaan pelabuhan secara umum di PT PELABUHAN INDONESIA?
b. Bagaimana Perancangan fasilitas dan peralatan Pada PT PELABUHAN INDONESIA?
c. Bagaimana kondisi Pemeliharaan fasilitas dan peralatan pada PT PELABUHAN INDONESIA?

                                                                               3




C. Tujuan dan Mamfaat

1. Tujuan
              Berdasarkan pokok permasalahan yang telah diuraikan diatas, maka dapat ditetapkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut :
a. Mengetahui perencanaan pelabuhan secara umum di PT PELABUHAN INDONESIA
b. Mengetahui Perancangan fasilitas dan peralatan Pada PT PELABUHAN INDONESIA secara umum
c. Mengetahui kondisi Pemeliharaan fasilitas dan peralatan pada PT PELABUHAN INDONESIA

2. Mamfaat

a. Manfaat bagi penulis dan mahasiswa adalah untuk menambah pemahaman teori yang sudah didapat selama  kuliah agar dapat diterapkan dalam PKL di dunia kerja.
b. Mamfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan adalah untuk membuka wawasan baru mengenai ilmu manajemen transpor khususnya di bidang transportasi laut.
c. Manfaat bagi perusahaan adalah sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun rencana pengembangan dan perbaikan perusahaan untuk masa yang akan datang.

                                                                                4

D. Metodelogi Penelitian
                  Metodologi penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data dan metode analisis data, serta mempertimbangkan proses serta teknik yang telah digunakan untuk melakukan penilaian. Dimana setiap kegiatan evaluasi biasanya dimaksudkan untuk mengembangkan kerangka berpikir dalam rangka mengambil keputusan.
1. Metode Pengumpulan Data
a. Penelitian lapangan (Field Research)
                 Dalam penelitian lapangan ini dilakukan beberapa hal yang dapat mendukung penelitian yaitu :
1) Observasi
Dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung di lapangan pada waktu melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
2) Kuesioner
Yaitu daftar-daftar pernyataan yang disebarkan kepada responden dengan maksud memperoleh informasi yang relevan dan akurat dari para karyawan yang bertugas.

b. Penelitian Kepustakaan (Liberary Research)
Penelitian kepustakaan ini dilakukan untuk memperoleh data sekunder dengan cara membaca beberapa literature, buku-buku, dan bahan bacaan lainnya yang terkait dengan penelitian yang penulis lakukan.


                                                                                  5

2. Metode Analisis Data
                Metode (teknik) yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan data yang telah diperoleh secara langsung dari perusahaan berupa laporan-laporan untuk mengetahui kinerja perusahaan tersebut.

E. Sistematika Penulisan
                       Sistematika penulisan proposal dibuat untuk mempermudah pembaca memahami isi proposal secara keseluruhan. Proposal disiapkan dalam 5(lima) bab dengan sistematika sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
                Dalam bab ini menguraikan latar belakang masalah , perumusan masalah yang meliputi identifikasi masalah, pembatasan masalah, dan pokok masalah, tujuan dan mamfaat, metodelogi penelitian serta sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
               Dalam bab ini menjelaskan landasan teori dari para ahli yang menjadi dasar pemikiran dan berkaitan dengan masalah yang akan dibahas dalam proposal ini. Teori yang digunakan yaitu pengertian Pelabuhan, analisis kebutuhan fasilitas dan peralatan pelabuhan,dan pemeliharaan fasilitas dan peralatan pelabuhan.

                                                                          6


BAB III GAMBARAN UMUM PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO)
              Dalam bab ini menggambarkan secara singkat sejarah perusahaan, organisasi dan manajemen, serta kegiatan usaha dan fasilitas PT PELABUHAN INDONESIA.

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
              Dalam bab ini menganalisis tentang permasalahan yang diungkapan dalam perumusan masalah yaitu : Perencanaan pelabuhan pada PT PELABUHAN INDONESIA, Perancangan fasilitas dan peralata dan Pemeliharaan fasilitas dan peralatan pada PT PELABUHAN INDONESIA.
BAB V PENUTUP
             Pada bab terakhir ini penulis menarik kesimpulan dari hasil pembahasan pada bab IV dan saran-saran penulis yang dianggap perlu dan berguna.


                                                                             7


DAFTAR PUSTAKA
Agershau, hans ; Planning and design of ports and marine terminals (1983), Jhon Willey and Sons Inc, New York, London.
Baudelaire, Jean Georges (1986) ; Port Administration and Management, IAPH, Tokyo-Japan.
Djamin, Zulkarnain( 1984) ; Perencanaan dan Analisa Proyek, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.



                                                                                8

makasih pak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar