Kamis, 20 Januari 2011

devita eliza, 224308117


BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
      Perdagangan internasional merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting didalam kelancaran dan kemajuan perekonomian bagi suatu negara. Dengan dimulainya era globalisasi, frekuensi perdagangan antar negara semakin meningkat pesat. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya suatu alat pengangkutan dengan kapasitas yang besar serta dengan biaya yang rendah.
Dalam hal ini PT. Trans Tirta Logistik brperan sebagai forwarder. Seperti biasanya forwarder adalah arsitek transportasi yang berperan sangat penting dalam mata rantai pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain. Kedudukan forwarder berperan pernting untuk pengiriman barang, baik utuk ekspor ataupun impor. Walaupun forwarder itu sendri dalam melakukan operasinya adalah dengan menyewa ruangan kapal dan alat transportasi dari perusahaan angkutan. Namun forwarder dapat melakukan kegiatan yang lebih efisien daripada eksportir dan importir yang mengurus barang-barangnya sendiri. Dengan ini eksportir dan importir juga terbantu dalam pengurusan dokumen untuk muatan yang diangkutnya.
Namun dalam empat tahun terakhir PT. Trans Tirta Logistik mengalami kerugian yang terus meningkat. Perkembangan dunia usaha jasa angkutan laut melalui kegiatan pelayaran dari masa ke masa baik secara regional ataupun global dipastikan semakin kompetitif. Perubahan yang terus menerus dalam kegiatan usaha mengakibatkan aktualisasi organisasi sebagai perwujudan dari visi dan pencapaian misi perusahaan.
Untuk mengetahui kinerja suatu perusahaan dapat dilihat dari aspek keuangan dan aspek non keuangan. Penilaian kinerja melalui aspek non-keuangan relatif lebih sulit dilakukan, karena penilaian dari satu orang berbeda dengan hasil penilaian orang lain. Sehingga dalam penilaian kinerja kebanyakan perusahaan menggunakan aspek keuangan. Analisis keuangan yang sering digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan adalah analisis rasio keuangan. Dengan mengetahui tingkat likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas suatu perusahaan, maka akan dapat diketahui keadaan perusahaan yang bersangkutan, apakah perusahaan tersebut baik atau buruk sehingga dapat diperkirakan tentang kelangsungan hidup perusahaan yang bersangkutan dimasa yang akan datang.
Berdasarkan data dan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul laporan akhir yang disusun penulis adalah : “Analisis Kinerja Keuangan Pada PT. Trans Tirta Logistik Tahun 2005-2008 “

B.  Perumusan Masalah
1.    Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dilakukan identifikasi masalah untuk mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi oleh manajemen PT. Trans Tirta Logistik yaitu sebagai berikut:
a.       Manajemen keuangan PT. Trans Tirta Logistik yang kurang baik secara umum.
b.      Kondisi keuangan pada PT PT. Trans Tirta Logistik yang semakin memburuk selama empat tahun terakhir.
c.       Adanya kecenderungan kondisi  keuangan pada PT. Trans Tirta Logistik yang semakin menurun.
2.    Pembatasan Masalah
Supaya penelitian dapat dilakukan secara mendalam, maka tidak semua masalah akan diteliti. Penulis mengidentifikasi permasalahan dengan membatasi ruang lingkup penelitian ini dengan menetapkan batasan yaitu hanya meneliti laporan neraca dan laba rugi perusahaan pada tahun 2005-2008.
3.      Pokok Masalah
a.       Bagaimana kondisi manajemen keuangan PT. Trans Tirta Logistik secara umum?
b.      Bagaimana kondisi manajemen keuangan dilihat dari tingkat likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas pada PT. Trans Tirta Logistik?
c.       Bagaimana kecenderungan kondisi keuangan pada PT. Trans Tirta Logistik tahun 2005-2008?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Berdasarkan pokok permasalahan yang telah di uraikan di atas, maka dapat ditetapkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut:
a.       Mengetahui kondisi manajemen keuangan PT. Trans Tirta Logistik secara umum.
b.       Mengetahui rasio keuangan PT. Trans Tirta Logistik selama 2005-2008.
c.       Mengetahui kecenderungan kondisi keuangan PT. Trans Tirta Logistik dengan menggunakan analisis trend.

2.      Manfaat Penelitian
a.       Bagi Penulis
Sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana ekonomi dan untuk menerapkan ilmu yang telah didapat selama masa kuliah dengan membuat suatu karya tulis ilmiah serta untuk memperdalam dan memperluas wawasan penulis tentang kondisi keuangan perusahaan.
b.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Penelitian ini bisa membuka wawasan baru mengenai ilmu manajemen transpor khususnya di bidang transportasi laut dan juga manajemen keuangan pada perusahaan pelayaran.
c.       Bagi Perusahaan
1)      Agar pimpinan dan pemilik perusahaan dapat mengetahui perkembangan perusahaannya.
2)      Sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun rencana pengembangan dan perbaikan perusahaan untuk masa yang akan datang.




D. Metodelogi Penelitian
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi. Menurut Suharsimi Arikunto, (2007: 222), metode penelitian evaluasi merupakan suatu proses yang dilakukan dalam rangka menentukan kebijakan dengan terlebih dahulu mempertimbangkan nilai-nilai positif dan keuntungan suatu program, serta mempertimbangkan proses serta teknik yang telah digunakan untuk melakukan penilaian. Dimana setiap kegiatan evaluasi biasanya dimaksudkan untuk mengembangkan kerangka berpikir dalam rangka mengambil keputusan.
1.   Metode Pengumpulan Data
a.       Metode Penelitian Lapangan (Field Research)
Penelitian dilakukan secara langsung pada objek penelitian untuk memperoleh informasi dalam rangka melakukan penelitian, yaitu dengan:
1)      Pengamatan (observation)
Dengan cara mengamati dan mencatatat ha-hal yang berkaitan dengan masalah penelitian secara langsung.

2)      Wawancara (Interview)
Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada masalah penelitian kepada pihak manajer keuangan untuk mendapatkan gambaran umum perusahaan.


b.  Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Penelitian dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder, yaitu data yang didapat dengan mempelajari buku-buku tentang analisis rasio keuangan dan manajemen keuangan. Selain itu teknik pengumpulan data ini juga dilakukan dengan mempelajari catatan-catatan PT. Trans Tirta Logistik yang berkaitan dengan laporan keuangan yaitu neraca dan laba rugi.

2. Teknik Analisa Data
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan data yang telah diperoleh secara langsung dari perusahaan berupa laporan keuangan tahunan yaitu neraca dan laba rugi perusahaan dengan menggunakan teori analisis rasio keuangan untuk mengetahui kinerja perusahaan selama tahun 2005-2008 dan analisis trend untuk mengetahui kecenderungan kondisi keuangan pada PT. Trans Tirta Logistik tahun 2005-2008.

E. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan skripsi ini disiapkan dalam 5 (lima) bab, sebagai berikut:
      BAB I  PENDAHULUAN
Dalam bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi identifikasi masalah, pembatasan masalah, dan pokok masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodelogi penelitian serta sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini menjelaskan landasan teori dari para ahli yang menjadi dasar pemikiran dan berkaitan dengan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini. Teori yang digunakan yaitu pengertian manajemen keuangan, kinerja keuangan, analisis rasio dan analisis trend.

BAB III GAMBARAN UMUM PT. TRANS TIRTA LOGISTIK
Dalam bab ini menggambarkan secara singkat sejarah perusahaan, organisasi dan manajemen, serta kegiatan usaha dan fasilitas PT. Trans Tirta Logistik
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam Bab ini menganalisis tentang permasalahan yang diungkapkan dalam perumusan masalah yaitu, manajemen keuangan PT. Trans Tirta Logistik secara umum, analisis rasio keuangan PT. Trans Tirta Logistik tahun 2005-2008 dan analisis trend.
BAB V  PENUTUP
Pada bab terakhir ini penulis menarik kesimpulan dari hasil pembahasan pada bab IV dan saran-saran penulis yang dianggap perlu dan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar