Sabtu, 15 Januari 2011

TUGAS SEMINAR

NAMA : YACOB VIVANDI

NIM : 2243.08.084

KELAS : ZL 08



ANALISIS PERBANDINGAN VOLUME DOKUMEN IMPOR FCL DARI HONGKONG PADA PT. FPS INDONESIA DALAM KURUN WAKTU ANTARA TAHUN 2007 DAN TAHUN 2008





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Dalam pertumbuhan ekonomi yang semakin berkembang, kegiatan perdagangan internasional yang dikenal dengan istilah ekspor impor semakin pesat sehingga memacu para penyedia jasa transportasi terutama transportasi laut yaitu perusahaan pelayaran untuk memberikan suatu pelayanan yang baik, aman dan efisien.
Kegiatan impor sebagian besar menggunakan moda transportasi laut dengan sarana kapal, karena dalam pengiriman barang impor maupun ekspor biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dan dapat memuat lebih banyak barang sehingga transportasi laut merupakan pilihan utama dalam melakukan kegiatan ekspor impor.
Untuk menambah efisiensi dan keamanan barang yang menggunakan transportasi laut maka diciptakanlah sebuah sarana atau alat yang dipergunakan sebagai suatu tempat untuk menempatkan barang yang akan impor, yaitu peti kemas (container) tersebut, maka perusahaan pelayaran dituntut untuk memberikan suatu penanganan pelayaran barang impor pada khususnya dengan menggunakan peti kemas (container). Dengan semakin meningkatnya permintaan dari pengguna jasa untuk melakukan kegiatan pengiriman barang yang beragam jenisnya maka diperlukan suatu penanganan muatan impor yang penanganannya dari beragam jenis barang tersebut.
Dari sisi lain, penanganan dokumen impor berperan sangat penting, kelengkapan dokumen bisa mempengaruhi proses cepat tidaknya pengambilan barang. Tidak lengkapnya dokumen atau terjadi kesalahan penulisan di dalam dokumen dapat mengakibatkan barang yang ada di dalam container tidak bisa diambil oleh pemilik barang. Dalam hal ini PT. FPS Indonesia berperan sebagai forwarder. PT. FPS Indonesia sudah memiliki jaringan yang luas, salah satu contohnya mempunyai agen yang berada di Hongkong. PT. FPS Indonesia melakukan fungsinya sebagai pelaksana pengiriman barang dengan melalui suatu penyelesaian dokumen di pelabuhan bongkar atau pelabuhan muat, dengan menggunakan alat angkutan dari satu atau beberapa tempat pengiriman menuju satu atau beberapa tempat tujuan. PT. FPS Indonesia juga bertanggung jawab untuk melindungi kepentingan pemilik barang, memberikan informasi mengenai proses pengiriman barang, membayar terlebih dahulu biaya-biaya yang timbul dan melengkapi dokumen yang diperlukan.
Berdasarkan dari uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi/karya tulis ilmiah dengan judul :
 “ANALISIS PERBANDINGAN VOLUME DOKUMEN IMPOR FCL DARI HONGKONG PADA PT. FPS INDONESIA DALAM KURUN WAKTU ANTARA TAHUN 2007 DAN TAHUN 2008”

B. Perumusan Masalah

1.      Identifikasi Permasalahan
a.       Tidak tetapnya jumlah dokumen pengangkutan muatan impor dari Hongkong.
b.      Prosedur pengurusan dokumen dalam hal untuk pengambilan barang kepada pihak yang terkait, separti perusahaan pelayaran dan petugas Bea Cukai.
c.       Batas jumlah barang tertentu yang boleh diimpor ke suatu negara.

2.      Pembatasan Masalah
         Batasan masalah pada skripsi ini adalah mengenai volume dokumen impor FCL dari Hongkong yang jumlahnya tidak tetap serta hal-hal yang mempengaruhi naik dan turunnya permintaan pengangkutan dan bagaimana cara agar permintaan pengangkutan meningkat.

3.      Perumusan masalah (Pokok Masalah)
a.       Bagaimama kegiatan PT. FPS Indonesia dalam hal penanganan dokumen impor FCL dari Hongkong?
b.      Mengapa permintaan pengangkutan impor barang dari Hongkong jumlahnya tidak tetap dan apa saja faktor yang mempengaruhinya?
c.       Bagaimana tindakan yang di ambil oleh PT. FPS Indonesia untuk mengatasi ketidaksetabilan jumlah permintaan pengangkutan
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan dari dilakukannya penelitian ini antara lain:
a.       Untuk mengetahui kegiatan penanganan dokumen yang dilakukan oleh divisi impor pada PT. FPS Indonesia.
b.      Untuk mengetahui perkembangan permintaan pengangkutan impor dari tahun 2007 sampai tahun 2008 pada PT. FPS Indonesia.
c.       Untuk mengetahui upaya yang dilakukan divisi impor pada PT. FPS Indonesia dalam mengatasi masalah ketidakstabilan permintaan pengangkutan.

2.      Manfaat Penelitian
a.       Bagi Peneliti
Untuk dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan ketika kuliah dalam sebuah bentuk penelitian yang ilmiah
b.      Bagi Masyarakat
Penulis berharap agar skripsi ini bias bermanfaat untuk yang membaca dan dapan menambah pengembangan ilmu pengetahuan.
c.       Bagi Perusahaan
Menjadi bahan acuan dalam menyempurnakan kebijakan dan program dalam menentukan arah strategi usaha yang dilakukan pada masa yang akan datang dan sebagai alat evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
D.    Metodologi Penelitian
Dalam penulisan skripsi ini penulis memperoleh data dengan mengumpulkan data-data yang dilakukan dengan cara:
1.      jenis data
data sekunder, yaitu jenis data yang diperoleh dan digali melalui hasil pengolahan pihak kedua dari hasil penelitian lapangan, dalam hal ini data tentag volume pengangkutan PT. FPS Indonesia.
2.      Metode Pengumpulan Data
a.       Penelitian Kepustakaan
pengumpulan data  dari buku-buku referensi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yaitu pengertian dan rumus-rumus yang akan digunakan.
            b. Observasi, Yaitu teknik pengumpulan data dengan mengamati langsung                         yang diteliti
3.      Teknik Analisis Data
Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linier. Analisis regresi linier digunakan untuk mengukur besaran tingkat permintaan pengangkutan berdasarkan objek yang diteliti dengan dilihat dari beberapa periode tertentu.




E. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan skripsi ini disiapkan dalam 5 (lima) bab, sebagai berikut:
Bab I               Pendahuluan
Dalam bab ini dikemukakan mengenai latar belakang masalah, Perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penelitian.

Bab II             Landasan Teori
Dalam bab ini menguraikan mengenai pengertian muatan, jenis-jenis muatan, pengertian peti kemas, jenis-jenis peti kemas pengertian impor ,prosedur impor, konsep teori perbandingan.

Bab III            Gambaran Umum PT. FPS Indonesia
Dalam Bab ini menguraikan tentang sejarah singkat PT. FPS Indonesia, organisasi dan manajemen PT. FPS Indonesia, bidang usaha dan perkembangan PT. FPS Indonesia, fasilitas yang dimiliki oleh PT. FPS Indonesia.
Bab IV            Analisis dan Pembahasan
Pada bab ini merupakan ulasan dan uraian hasil penelitian yang di dalamnya di jelaskan tentang pembahasan penanganan dokumen impor, analisis volume dokumen impor FCL, dan yang telah dijabarkan sebelumnya dalam perumusan masalah

Bab V             Penutup
Dalam bab ini dikemukakan kesimpulan dan saran-saran yang disimpulkan dari bab sebelumnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar